Online Job for All. Work from home computer.
0

Perbedaan LINUX dan WINDOWS

31 Jul 2012
Share this Article on :

Perbedaan fitur standar linux dan windows

Kali ini saya ingin berbagi mengenai fitur standar distro yang saya pakai (Slackware 13) dengan windows yang saya gunakan di kantor pabrik .
Sering kali orang membandingkan apel dengan jeruk yang memang berbeda . disini saya dengan bijak dan tidak memihak salah satunya ( karena saya menggunakan ke duanya untuk pekerjaan dan pribadi ) lagian sekarang bulan puasa , ga baik kalo berbuat tidak adil .
1 . Ok untuk yang pertama saya akan membandingkan antara multimedia keduanya dulu :
A. Slackware (saya ambil satu nama distro ) soalnya linux sangat banyak , jadi kalo saya pakai nama linux , pasti akan ada perbedaan di setiap linux itu sendiri (distro) . jadi cukup adil jika saya memilih salah satu distro .
mempunyai codex yang cukup lengkap , dan sudah bisa memutar musik dan video dengan sangat bagus . dan tidak ada sesuatu yang error maupun tidak bisa dijalankan ( ingat ini adalah pendapat saya ) .tapi terkadang ada beberapa format video AVI yang tidak bisa di putar .
B.Windows (saya mengambil varian yang XP profesional ) soalnya saya menggunakan yang ini .secara default , windows sudah bisa memutar beberapa format video (tidak termasuk 3gp , FLV dan beberapa format lainnya ) namun untuk suara / sound tidak keluar sama sekali ( butuh driver untuk menginstallnya ) meskipun driver ini sudah disertakan ketika kita membeli motherboard .
jadi ini saya anggap 1:0
2 Login form :
A . untuk tampilan sendiri , Slackware memang tidak langsung masuk ke x-windows , melainkan masih menggunakan tampilan text . ( bagi beberapa orang yang saya ajak migrasi ke Slackware , ini sangat menyusahkan ( harus login , memasukkan password yang tidak kelihatan , dan harus mengetik startx untuk masuk ke tampilan x-windows seutuhnya .
B . Berbeda dengan windows , begitu selesai booting , windows menawarkan form login yang menarik dan ketika selesai login kita bisa langsung masuk ke antar muka windows yang cantik dan sederhana .
untuk yang ini skor menjadi 1:1
3 . Untuk fitur tampilan :
A Slackware mempunyai beberapa windows manager yang terdiri dari KDE , XFCE , fluxbox , blackbox , wmaker , fvwm2 , twm . yang pastinya untuk komputer pentium 2 sampai ke core 2 quad ,dan lebih tinggi pasti bisa menggunakan nya .
B windows sendiri memang tidak mempunyai windows manager lain .paling dilengkapi 2 thema .
dari sini skor menjadi 2:1
4 . dukungan hardware (VGA):
A . Slackware memang mengenal hardware dengan baik , tapi untuk beberapa hardware memang tidak secara default ,sudah bisa digunakan dengan baik .
B . windows sendiri ternyata juga tidak secara default ada didalam installer , bahkan untuk semua hardware tidak bisa bekerja dengan baik ( secara default nya )
kali ini slackware menang lagi ,dan skor menjadi 3:1
5 . untuk Fitur standar yang terakhir adalah konektifitas (modem )
A . Secara default Slackware tidak bisa langsung menggunakan modem (USB) ,dan tentu saja harus mendownload dan menginstall usb_modeswitch .terutama untuk hardware baru . kalau untuk hardware modem (USB) lama , cukup menjalankan beberapa perintah lsusb , modprobe pasti udah bisa langsung jalan.
B . Dukungan hardware baru untuk windows memang cukup bagus , terbukti di setiap modem keluaran baru , kira tidak usah susah-susah untuk memasukkan CD driver dan menginstallnya . tapi begitu kita mencolokkan modem (USB) maka otomatis bisa langsung terdeteksi dan otomatis menginstall drivernya , benar-benar strategi menjualan yang luar biasa .
untuk masalah ini hasilnya draw , jadi skor menjadi 4:2
Nah untuk fitur standar antara keduanya , saya simpulkan hasil skor akhir antara keduanya (Slackware VS windows XP ) adalah 4:2
Anda punya pendapat sendiri ??? silahkan tulis di colom comentar , atau tulis di blog anda , jangan lupa kabari saya ,hehehe
salam blogger tengah malam …………….


Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment