0

Fungsi LINUX

30 Jul 2012
Share this Article on :

Fungsi Linux sebagai Router



.





Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai pengatur data yangmenghubungkan 2 jaringan. Router bertugas menyeleksi data-data yang datang dan pergimelewatinya, dan menentukan nasib sebuah paket data, ditujukan kemana, dilewatkanmelalui interface nama, ip berapa dan sebagainya.





Firewall adalah aturan-aturan yang diterapkan pada sebuah jaringan dan berada pada posisiyang penting yaitu antara jaringan lokal (misalnya jaringan kantor atau warnet) denganinternet. Firewall merupakan sebuah sistem yang memeriksa dan melewatkan aliran data dariluar (internet) menuju jaringan lokal dan sebaliknya. Firewall digunakan untuk mengamankan jaringan terhadap ancaman yang datang dari luar.





Proxy merupakan mesin yang menjembatani jaringan lokal dengan internet dan memberikanpeningkatan keamanan, kontrol, dan menyediakan fasilitas caching (penyimpanansementara).





Dari ketiga isitlah tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa router firewall dan proxy terletak di posisi yang sama terhadap jaringan dan internet, yaitu di tengah-tengah, atau di antara keduanya. Agar lebih dapat memahami, perhatikan gambar.Sepertinya router, firewall dan proxy adalah sama, namun sebenarnya tidak. Masing-masingtidak dapat saling menggantikan. Router memiliki tugas yang paling sederhana dan proxymemiliki tugas paling rumit. Proxy hanya akan meberikan pelayanan terhadap service tertentuyang ada di jaringan (internet), HTTP-Proxy untuk http, FTP-Proxy untuk FTP, SIP-Proxyuntuk VoIP, dan sebagainya. Firewall bekerja lebih umum daripada proxy, berbagai jenispaket data beserta atribut yang melekat padanya akan di periksa. Sementara router jauhlebih umum lagi.





Dalam tulisan kali ini saya akan membangun perangkat jaringan yang berfungsi sebagairouter, firewall dan proxy dalam satu mesin saja secara bertahap dan diposisikan dalam jaringan seperti gambar di bawah ini.










Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment